Peran Akuntansi dalam Pengalokasian Sumber Daya Ekonomi

Peran akuntansi adalah sangat penting dalam pengalokasian sumber daya ekonomi. Akuntansi manajemen berperan dalam membantu manajemen dalam mengelola faktor produksi secara efektif dan efisien, dan sangat penting dalam persaingan di pasar barang dan jasa. Bila perusahaan mencari pendanaan dari pasar uang dan pasar modal, maka akuntansi keuangan yang mampu menyusun dan melaporkan keadaan posisi keuangan, arus kas, dan kinerja atau laba rugi suatu perusahaan secara akurat, dapat diandalkan, transparan, dan tidak menyesatkan, tentunya akan dapat mendukung suatu pasar uang dan pasar modal yang efisien. 

Dengan demikian para investor dapat mempertimbangkan dengan penuh kehati-hatian dalam pengambilan keputusan yang bijak dan arif, terkait kemana dananya akan diinvestasikan apakah berupa deposito, surat utang, obligasi, atau saham; serta jenis industri dan perusahaan mana yang akan dipilih. Sedangkan akuntansi pajak diperlukan untuk penyaluran dana masyarakat dalam wujud pajak ke kas negara sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku secara adil dan tertib.

Kumpulan informasi keuangan sektor mikro akan membentuk informasi sektor makro yang mampu menghitung dan melaporkan indikator ekonomi secara andal, dan akhirnya kembali mampu memberikan masukan bagi para pelaku dalam sektor riil atau mikro.

Sumber : Buku Akuntansi Keuangan