Model Bisnis Scrowdsourcing

Menganut konsep saling berbagi informasi antar sesama warga mengenai informasi lalu lintas, waze semakin banyak digunaakan oleh warga. inilah yang dimaksud oleh dengan model bisnis Scrowdsourcing. Startup atau korporasi tidak perlu mengandalkan sumber daya sendiri untuk mendapatkan informasi atau layanan. Informasi kini bisa di serap dari masyarakat tanpa perlu mempekerjakan tenaga internal untuk mencari informasi sehingga informasi menjadi jauh lebih mudah diakses.

Model crowsourcing juga diterapkan oleh startup sribu.com. Perusahaan-perusahaan yang ingin mencari layanan desain, banyak desainer dari luar yang bisa yang bisa dipilih melalui platform Sribu.com. Perusahaan tidak butuh waktu lama akan mendapatkan desain yang diinginkan. Jika ingin mendapatkan layanan tenaga lainnya, dapat membuka startup Sribulancer, Anda akan segera mendapatkan tenaga freelance dalam waktu cepat. Startup Sribulancer juga menerapkan crowdsourcing tempat para freelancer bisa menawarkan jasa melalui platform ini. Layanan ojek online seperti yang sudah disinggung, baik Gojek, maupun Grab juga mengandalkan crowdsourcing untuk mendapatkan para pengemudinya dari masyarakat. 

Dalam dunia pendidikan, startup yang juga mengandalkan model bisnis crowdsourcing, yaitu Skillshare. Skillshare adalah startup yang memfasilitasi masyarakat yang mempunyai skill tertentu untuk berbagai dengan orang lain dengan menerapkan fee tertentu. Orang lain yang belajar skill tersebut membayar fee tersebut. Startup ruangguru mengajak para guru bergabung di platform-nya dan mendapatkan penghasilan tambahan bila mengajar di ruangguru.

Sumber : Buku Star Up Business Model