Model Bisnis dengan Konsep Donasi

Hasil gambar untuk donasi pemberian tipModel bisnis donasi mengandalkan donasi dari para pengguna atau pendonor untuk mendapatkan penghasilan. Umumnya yang mengambil model bisnis donasi adalah para startup atau situs yang mengusung konsep sosial. Para pengguna membayarkan donasi dengan nominal tertentu, artinya pengguna telah menyumbangkan agar produk atau layanan startup tersebut dapat diakses oleh orang-orang yang tidak punya kemampuan untuk membeli langsung ke produk atau layanan startup tersebut. Adapula yang menggunakan model bisnis memberi tip yang serupa dengan donasi. Band musik Radiohead meluncurkan situs inRainbows.com yang merupakan nama lagu yang akan dikeluarkan pada 2007. Para fans bisa mendaftarkan nama dan emailber mereka serta tip yang mereka mau berikan ke Radiohead untuk mengganti biaya download ketika lagu tersebut rilis dipasaran.

Satu startup sosial yang memilih model bisnis donasi tadi. Satu startup sosial yang memilih model bisnis ini adalah embraceglobal. org yang merupakan startup sosial yang bertujuan menyediakan inkubator bayi bagi orang-orang miskin. Embrace sendiri dimulai dari sebuah kelas di Universitas Standford ketika mahasiswa master ditugaskan untuk membuat desain inkubator bayi dengan biaya yang rendah. Embrace Warmer adalah alat penghangat yang berfungsi untuk menyelamatkan bayi-bayi yang lahir prematur. Fungsinya mirip seperti fungsi inkubator. Embrace menyediakan pilihan donasi yang bisa dibayarkan oleh para pendonor. Mulai dari satuan terkecil adalah sebesar 25 dolar dimana seorang bayi yang baru lahir dapat tertolong dengan satu alat Embrace Warmer.

Startup populer lainnya yang menerapkan model memberi tip sebagai sumber penghasilannya adalah vimeo. Situs vidio streming online ini mengubah strateginya dari full gratis menjadi berbayar; yaitu pemberian tip dari pengguna atau penonton ke vimeo. peng-uploed vidio berhak mengatur vidio yang mereka uploed untuk memiliki model seperti apa. Ada dua pilihan model, pertama adalah "Tip Jar" dan kedua "Pay per View. Model pertama ini memberika peng-upload vidio untuk mengundang orang memberikan tip terhadap hasil konten yang telah di upload dimana besaran tip ini kemudian dipotong komisi Vimeo sebesar 15%, sisanya untuk kreator atau peng-upload vidio tersebut.

Sumber : Buku Startup Business Model