Bisnis Model Kanvas Distributor

Picture2Bisnis model kanvas akhir-akhir ini telah digunakan secara luas dalam berbagai pemetaan bisnis, termasuk oleh distributor. Tidak seperti yang di praktekan pada tenaga penjual, bisnis model kanvas ini lebih merupakan kerangka kerja (frame work) untuk memetakan bisnis kita agar kinerjanya lebih optimal. Dalam model kanvas dijelaskan betapa pentingnya mitra kunci (key partner) dalam bisnis distribusi ini. Sementara itu kanvas dalam istilah di dunia distributor lebih condong ke aktivitas wiraniaga yang bekerja dengan mobil boks dan transaksi penjualan bisa dilakukan saat itu juga, baik secara tunai maupun kredit. Sementara itu, bisnis model kanvas lebih ke arah kerangka kerja untuk memulai bisnis atau memetakan kembali bisnis yang sudah ada agar kinerjanya bisa lebih maksimal. 

Dengan model bisnis ini, para pemilik distributor diharapkan bisa memetakan strategi bisnisnya melalui model bisnis kanvas. Para pemilik distributor yang sudah beroperasi selama bertahun-tahun pun dapat mulai memetakan strategi bisnisnya kedalam model bisnis kanvas. ini. Tujuannya agar usaha distributor yang dikelolanya dapat semakin efektif.

Metode kanvas sudah lama diterapkan oleh berbagai perusahaan, baik oleh produsen langsung maupun oleh pihak distributor itu sendiri. Pada 1985, masih sedikit perusahaan yang yang bekerja sama dengan distributor lokal. Sebabnya, model multi distributor belum banyak diterapkan oleh perusahaan penghasil produk menerapkan metode kanvas ke wilayah-wilayah yang sanngat jauh sekalipun. Keunggulan kanvas adalah produk yang dipesan konsumen bisa langsung dikirimkan tidak samapi 24 ja. Pemilik toko selalu mendapatkan kunjungan rutin oleh wiraniaga, sehingga tidak khawatir pasokan barang menipis.

Kelemahan kanvas yaitu penyebaran (spreading) tidak bisa dilakukan secara detail. Penyebabnya, tidak semua wilayah memiliki jalan yang baik dan bisa dimasuki oleh armada kanvas. Kota-kota besar, khususnya yang memiliki banyak portal di gang-gang sempit sulit di masuki mobil boks sejenis L300. Kunjungan yang dilakukan dengan cara kanvas juga sangat terbatas khususny di kota-kota besar. Alasannya, kanvas membutuhkan waktu proses order, proses pengiriman, dan proses mencari barang di mobil boks. Proses ini cukup membutuhkan waktu, belum lagi perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Sumber : Buku Bisnis Model Knvas Distributor