Sumber Daya Kunci Bisnis Model Kanvas Distributor

Pada sumber daya kunci, distributor dituntut untuk menyadari bahwa segala asetnya yang meliputi kantor, gudang, operasional, armada pengiriman, basis data pelanggan, wiraniaga, staf operasional, TI, atau nama/merek distributor sangat penting sebagai bagian dari distributor. Menjelang tahun 2000, PT Sinar Anjol, yang sebelumnya mendistribusikan barang-barangnya melalui PT Timur Jaya Amerta, mengubah cara distribusinya yaitu dengan bermitra dengan para distributor lokal. Pada saat itu, distributor lokal sangat langka di daerah-daerah, sehingga sering kali toko grosir di daerah yang cukup besar diajak bekerja sama untuk menjadi distributor produk perusahaan tersebut.

Secara garis besar, apa yang dimiliki distributor sebenarnya aset luar biasa yang bisa digunakan sebagai daya tawar (bargaining power) terhadap prinsipel. Dalam pencarian mitra kerja sama, prinsipal kurang lebih akan memilih distributor berdasarkan sumber daya kunci yang dimiliki. Masing-masing sumber daya kunci yang dimiliki distributor.

Kantor
Apabila distributor memiliki kantor yang cukup representatif, kantor inilah yang menjadi sumber daya yang cukup. Kantor distributor yang bersih dengan tataan yang rapi tentunya membawa kesan tersendiri bagi prinsipal yang berkunjung.

Gudang
Gudang juga menjadi bahan pertimbangan bagi para prinsipal yang hendak bekerja sama. Gudang milik distributor akan menjadi aset yang sangat berpengaruh untuk kelanjutan kerja sama dengan prinsipal. Selain itu, kapasitas gudang akan menjadi perhatian prinsipal jika distributor bekerja sama dengan lebih dari 10 prinsipal lain.

Armada Pengiriman
Armada pengiriman juga termasuk komponen lainnya yang menjadi sangat penting dan mendukung kegiatan operasional distributor. Banyak dikitnya jumlah kendaraan pengiriman sangat memengaruhi kecepatan pengiriman barang ke pelanggan.

Basis Data Pelanggan
Basis data ini juga sangat penting bagi distributor dalam membangun perusahaan. Intinya aset distributor adalah pelanggan. Lantaran basis data merupakan kekayaan bagi distributor, terkadang distributor merahasiakan basis datanya.

Wiraniaga
Jumlah wiraniaga yang cukup sangat pengaruh terhadap kinerja distributor. Untuk mengetahui berapa jumlah wiraniaga yang dibutuhkan, tentunya diperlukan pemetaan wilayah terlebih dahulu dengan mem[ertimbangkan jumlah outlet di wilayah penjualan.

Staf Operasional
Staf Operasional juga dipertimbangkan oleh prinsipal. Bagian yang diperhatikan adalah admin pendukung dari distributor.

TI
Sekarng ini terdapat perkembangan yang cukup cepat dalam penggunaan peranti lunak dalam perusahaan distributor. Kalau sebelumnya distributor sebatas menggunakan Microsoft Office Excel untuk transaksi-transaksi, sekarang ini distributor wajib memiliki peranti lunak yang lebih baik untuk mendukung kegiatan operasionalnya.

Nama Besar Distributor
Nama besar distributor (merek) merupakan sumber daya kunci yang perlu dijaga. Nama besar distributor akan sangat memengaruhi penjualan dan kontribusi terhadap prinsipal. Semakin baik layanan yang dilakukan distributor, peritel akan semakin sering berbelanja kepada distributor tersebut.

Sumber : Buku Bisnis Model Kanvas