Tujuan Penyusunan Laba Rugi pada Perusahaan

Tujuan penyusunan laporan laba rugi komprehensif adalah untuk memberikan informasi tentang kinerja keuangan entitas selama suatu periode usaha tertentu, yaitu laba rugi, komposisi keuangan, dan rincian penghasilan (pendapatan dan keuntungan) dan beban serta pendapatan komprehensif lain yang berguna untuk menghitung atau menganalisis profitabilitas, efisiensi, pengembalian investasi (return of investment), laba per saham (earnings per share), serta ramalan tentang kemampuan arus kas entitas tersebut.

Kegunaan laporan laba rugi komprehensif dapat disimpulkan terutama untuk hal-hal sebagai berikut :
  • Melaporkan dan mempertanggung jawabkan kinerja entitas selama suatu periode usaha tertentu. Laba yang di hasilkan atau rugi yang diderita suatu entitas selama suatu periode usaha tertentu adalah ukuran terpenting atas kinerja suatu entitas. Para pemangku kepentingan (stakheholders) sangat berkepentingan atas laba rugi suatu entitas. Laporan laba rugi merupakan salah-satu laporan penting dalam rangka pertanggung jawaba manajemen kepada para pemangku kepentingan, khususnya para pemegang saham atas kepercayaan yang diberikan untuk mengelola entitas.
  • Memberikan informasi penting sebagai landasan penyusunan rencana akan datang. Penyusunan rencana masa depan haruslah didasarkan atas catatan dan kinerja masa lalu. Selain perencanaan kegiatan usaha, juga perencanaan atau analisis kemampuan arus kas di masa yang akan datang sangat tergantung pada laporan laba rugi periode sebelumnya