Manajemen Usaha dalam Bisnis Pernikahan

Mengelola bisnis wedding di Indonesia  merupakan peluang besar yang sangat menjanjikan dan bisnis yang tidak pernah mati dikarenakan pernikahan akan terus berlangsung bagi pasangan yang sedang merencanakan pernikahan.  Pastinya setiap pasangan menginginkan pesta pernikahannya menjadi momen yang kenangan yang terindah. Momen berkesan ini juga sangat besar nilai kebahagiannya bagi orang tua, saudara, dan kerabat dekat lainnya.

Dalam usaha wedding, setiap usaha membutuhkan kemampuan pengelolaan yang memadai. Meski usaha wedding memerlukan kreativitas dan keahlian Anda untuk melakukan koordinasi, tetap ada pihak-pihak terkait lain sebagai pendukung yang ikut menentukan usaha Anda. Dengan kata lain Anda tidaklah sendirian. Anda harus memiliki kemampuan mengelola sumber daya manusia menggerakan para pekerja agar mengikuti permintaan Anda.

Untuk mendapatkan hasil kerja yang berkualitas dan tentunya memuaskan pelanggan, salah-satunya anda membutuhkan keahlian dalam memilih rekanan di bidang wedding. Vendor yang punya nama besar, belum tentu vendor yang bagus dan tepat buat Anda. Bila perlu, Anda harus melakukan trial and error sebelum akhirnya bisa klik atau merasa pas dengan vendor-vendor tersebut. Keterlibatan dengan banyak pihak ini juga membuat Anda harus siap menghadapi berbagai kemungkinan. Banyak hal bisa terjadi baik sebelum acara menjelang acara, maupun pada saat berlangsung acara. Bahkan sebuah acara yang telah dipersiapkan dengan baik sekalipun masih bisa ada yang meleset.

Sementara itu, kita juga harus terus membenahi beragam urusan internal. Kita perlu memastikan keluar masuk kas perusahaan berada dalam keadaan baik dan perlu memastikan yang kita miliki seperti busana pengantin, peralatan dan lengkapan, dekorasi, dan sebagainya yang sesuai dengan kondisi saat ini. 
Selain mencermati peluang pasar,  kita sendiri perlu terus mengembangkan kualitas diri. Ikut pelatihan-pelatihan keahlian khusus yang membuat Anda semakin kompeten dan memperluas jaringan. Bila kita semakin lihai tentang seluk usaha ini, akan semakin besar pula kepercayaan orang terhadap usaha anda. Dan dalam jasa dan semakin banyak usaha yang bergerak di bidang ini, unsur kepercayaan atau trust jelas sangat besar peranannya untuk ikut menjaga keberlangsungan bisnis Anda saat ini.

Sumber : Buku Rupiah Meriah dari Bisnis Wedding organizer