Siapakah Pelanggan Anda..?

Hasil gambar untuk customerApakah Anda bergerak di bidang penjualan distribusi, pendidikan, kesehatan, kuliner, apapun itu, Anda memiliki custumer atau pelanggan sendiri. Pembeli, pemakai jasa, pengecer, siswa, pasien, penumpang, apa pun sebutannya, mereka adalah pelanggan Anda. Petugas administrasi, kasir, pelayan toko, bagian gudang, pengantaran, pengepakan, karyawan dari departemen atau bagian apapun, mereka juga adalah pelanggan Anda. Setiap orang adalah pelanggan. sebab, merekalah yang menjamin kelangsungan hidup bisnis Anda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Bahasa Indonesia, konsumen (consumer) diartikan sebagai pemakaian barang hasil produksi; penerima pesan iklan; dan pemakai jasa. Andapun pelanggan (customer) berarti orang yang secara kontinu dan berulang kali datang ke tempat yang sama untuk memuaskan keinginannya dengan memiliki suatu produk, atau mendapatkan suatu jasa dan memuaskakn produk atau jasa tersebut (Lupioadi, 2001). Kini, konsumen dan pelanggan dianggap memiliki karakteristik sama, yaitu semua orang yang menuntut organisasi untuk memenuhi standar kualitas tertentu, dan karena itu memberikan pengaruh terhadap kinerja organisasi.

Ada pula yang mendefinisikan pelanggan sebagai setiap orang, unit, atau pihak dengan siapa kita bertransaksi, baik langsung maupun tidak langsung, dalam mepenyediaan produk. Dalam hal ini, terdapat tiga pemahaman tentang pelanggan, yaitu orang yang tidak tergantung pada perusahaan, tetapi sebalikna; orang yang membawa perusahaan untuk mengikuti keinginannya; dan orang yang amat penting yang harus dipuaskan. Pemahaman tentang pelanggan juga dapat dijabarkan ke dalam dua pandangan, yaitu perspektif pelanggan secara tradisional dan perspektif quality management (TQM). Sudut pandang tradisional mendefinisikan pelanggan sebagai orang yang membeli dan menggunakan produk. 

Sumber : Buku Excellent Service