Memacu Kreativitas dengan Tehnik Scampers

 

A. The Scampers 

SCAMPER adalah suatu teknik yang dapat digunakan untuk memicu kreativitas dan membantu para guru dalam mengatasi setiap tantangan yang mungkin dihadapi dalam setiap melaksanakan pembelajaran siswa. SCAMPERdidasarkan pada pemikiran bahwa segala  sesuatu  yang  baru  merupakan  modifikasi  dari  sesuatu  yang  sudah ada. SCAMPER merupakan akronim dari setiap huruf menggambarkan cara yang berbeda dari yang sudah ada untuk memicu dan menghasilkan ide-ide baru dalam pembelajaran, baik yang berhubungan dengan tempat, prosedur, alat, orang, ide, atau bahkan suasana psikologis: 


S = Subtitute (Mengganti) 

C = Combine (Menkombinasikan) 

A = Adapt (Mengdaptasi) 

M = Magnify (Memperbesar) 

P = Put to Other Uses (Meletakkan ke Fungsi Lain) 

E = Eliminate (Menghilangkan atau Mengecilkan) R = Rearrange/Reverse (Mengatur ulang) 


Subtitute adalah  berusaha  memikirkan  dan  melakukan  penggantian  bagian  dari masalah yang berkaitan dengan proses maupun hasil pembelajaran, dengan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. 

Combine adalah berusaha memikirkan dan melakukan penggabungan dua atau lebih bagian   tertentu   dari   masalah   yang   berkaitan   dengan proses maupun hasil pembelajaran untuk menciptakan proses atau hasil yang berbeda. 

Adapt adalah berusaha memikirkan dan melakukan adaptasi ide yang sudah ada untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan proses maupun hasil pembelajaran Anda, 

Magnify adalah  berusaha  memikirkan  dan  melakukan  untuk  pembesaran  atau perluasan ide Anda yang dapat memberikan nilai tambah atau memberikan wawasan baru tentang komponen-komponen pembelajaranapa yang paling penting. 

Put to Other Uses menempatkan ide Anda saat ini ke dalam bentuk lain sehingga dapat memecahkan masalah proses maupun hasil pembelajaran yang Anda hadapi. 

Eliminate adalah berusaha memikirkan dan melakukan penyederhanaan, pengurangan atau penghilangan komponen-komponen tertentu sehingga Anda dapat lebih fokus pada bagian atau fungsi yang paling penting. 

Rearrange/Reverse berusaha memikirkan dan melakukan upaya penyusunan atau penataan ulang yang berbeda dari komponen atau prosesur yang sudah ada sehingga dapat memberikan nilai tambah dibandingkan dengan sebelumnya. 

Untuk menggunakan teknik SCAMPER, terlebih dahulu perlu dirumuskan secara jelas  masalah  pokok  pembelajaran  yang  ingin  dipecahkan,  ditingkatkan  atau dikembangkan, baik yang berkaitan dengan proses maupun hasil. Bisa dirumuskan dalam bentuk pertanyaan, misalnya: 

“Bagaimana   saya   dapat   meningkatkan aktivitas   siswa  dalam   proses pembelajaran yangsaya lakukan?”

“Bagaimana  saya  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa dalam  proses pembelajaran yang saya lakukan?”

“Bagaimana saya dapat mengembangkan proses pembelajaran yang menyenangkan?” 

Selanjutnya, dengan mengacu pada resep SCAMPER, rumuskan beberapa pertanyaan spesifik yang berkaitan dengan apa yang ingin Anda kembangkan dalam proses pembelajaran, sesuai dengan tantangan dan permasalahan yang Anda hadapi. 

Pertanyaan-pertanyaan   ini   akan   mendorong   Anda   untuk berpikir   secara berbeda tentang masalah proses pembelajaran yang Anda lakukan, dan pada akhirnya Anda dapat menemukan solusi inovatif. 


B. Bagaimana Menggunakan Alat Scampers 

Berikut ini disediakan contoh format tentang beberapa pertanyaan yang dapat diajukan dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan metode pembelajaran yang Anda lakukan: 

S = “Apa yang bisa saya ganti dalam metode pembelajaran yang saya ……………….

lakukan?” ……………….

……………….

C = “Bagaimana saya bisa menggabungkan metode pembelajaran ……………….

yang saya lakukan dengan metode pembelajaran lain?” ……………….

A = “Apa yang bisa saya adaptasi dari metode pembelajaran yang ……………….

telah dikembangkan oleh orang lain?” ……………….

M =  “Apa  yang  bisa  saya  perbesar  atau perluas dari  metode ……………….

pembelajaran yang saya lakukan?“ ……………….

P = “Bagaimana saya dapat menempatkan metode pembelajaran yang ……………….

saya lakukan agar dapat menghasilkan manfaat lain?” ……………….

E = “Apa yang bisa saya hilangkan atau sederhanakan dari metode ……………….

pembelajaran yang saya lakukan?“ ……………….

R = “Bagaimana saya dapat mengubah dan menyusun ulang metode ……………….

pembelajaran yang saya lakukan?“ ……………….