Mengelola Usaha Laundry

Memilih Lokasi Counter Laundry
Pada saat memutuskan untuk membuka usaha, yang paling utama kita pikirkan adalah di mana lokasi yang akan kita pilih. Beberapa mitos mengatakan bahwa dengan memilih tempat yang tepat akan mampu mempengaruhi keberhasilan. Hal itu tidak benar sepenuhnya, namun juga jangan disepelekan. Lokasi usaha laundry memiliki peranan penting dan berhubungan erat terhadap pelanggan dan fleksibilitas kita dalam membuka bisnis laundry.

Beberapa  hal yang dijadikan pertimbangan dalam memilih lokasi untuk membuka counter laundry diantaranya sebagai berikut : 
  1. Jumlah kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk adalah sektor terpenting yang menentukan apakah usaha anda diperhatikan orang atau tidak. Tentukan apakah lokasinya bisa dijadikan counter dan rumah cuci atau hanya counter saja.
  2. Tingkat penghasilan penduduk adalah faktor penentu kedua yang tak kalah pentingnya. Tinggi atau rendahnya tingkat penghasilan masyarakat di daerah anda akan membuka usaha laundry adalah bayangan akan laku atau tidaknya usaha anda.
  3. Tingkat pertarungan bisnis. Perhatikan apakah di sekitar lokasi ada jenis usaha yang sama atau tidak, karena hal ini juga harus dipertimbangkan .
  4. Tingkat lalu lintas. Banyaknya orang maupun kendaraan yang berlalu-lalang di sekitar daerah usaha kita juga berpengaruh besar. Sebuah tempat dikatakan strategis karena dilalui oleh banyak orang.
  5. Pusat keramaian atau Sentral Usaha. Pilihan tempat di pusat keramaian merupakan nilai plus. Kemungkinan besar anda akan bersaing dengan banyak kompetitor. namun lokasi tersebut adalah pilihan utama calon pelanggan dalam mencari servis yang anda jual.
Memilih Nama Laundry
Nama yang dipilih untuk bisnis laundry bisa membangun atau malah merusak peluang keberhasilan usaha anda. Nama yang digunakan haruslah nama yang mudah diingat, memberikan kepercayaan dan menarik pelanggan baru. 

Strategi Memasang Harga Laundry
Ketika seorang pengusaha akan membuka laundry atau akan melakukan launching, mereka pasti telah memikirkan berapa harga yang akan ditetapkan untuk membuka laundry dan untuk hari-hari selanjutnya. Penentuan harga merupakan salah satu aspek dalam keberhasilan di dalam bisnis laundry, penentuan harga spesial saat promo atau penentuan harga untuk hariannya.

Mengelola Karyawan Laundry
Pada waktu awal membuka usaha laundry, mungkin anda tidak memerlukan karyawan karena masih sanggup untuk melakukan semuanya sendiri. Namun, cepat atau lambat anda pasti akan merekrut karyawan sejalan dengan berkembangnya usaha. Pada saat itulah anda harus mengerti bagaimana dan apa saja yang menjadi dasar dalam menentukan karyawan yang cocok. Karyawan memiliki peranan penting dalam kemajuan usaha laundry. Kunci utama mendapatkan karyawan profesional adalah dengan cara mengelola karyawan.

Sumber : Buku Peluang Usaha Bisnis Laundry