Contoh Proposisi Nilai Produk Kartu Kredit Mandiri

Salah satu perusahaan yang pengelolaan Customer Relationship-nya menonjol adalah Bank Mandiri, khususnya unit bisnis kartu kredit. Mandiri Kartu Kredit menetapkan sasaran pelanggannya dengan sangat jelas yaitu eksekutif madya ke atas. Untuk bisa mengelola hubungan dengan pelanggan tersebut, Mandiri Kartu Kredit masih memilahnya menjadi dua kelompok lagi yaitu; midle executive dan top executive.

Proposisi nilai yang ditawarkan adalah kemudahan pembayaran dalam perjalanan bisnis dan status sosial. Hal ini tercermin dari produk yang ditawarkan. Secara umum produk yang ditawarkan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu platinum, gold, dan silver. Kriteria yang digunakan untuk memilah ketiga kelas tersebut adalah pendapatan. Salah satu alat untuk menyaring keanggotaan masing-masing kelompok adalah menggunakan tarif keanggotaan. Biaya keanggotaan Platinum adalah Rp.  1.000.000 per tahun, Gold adalah Rp. 342.000 per tahun, sedangkan Silver adalah Rp. 180.000 per tahun. Tentu saja, besarnya transaksi menggunakan kartu kredit (dalam bentuk poin) tersebut dapat mengubah kelas seorang nasabah.

Di luar ketiga kategori segmen pelanggan tersebut, Mandiri Kartu Kredit melakukan segmentasi pelanggannya berdasarkan komunitas para eksekutif. Penggolongan berbasis komunitas eksekutif ini dapat dilihat dari produk yang dikeluarkan, seperti kartu kredit golf (untuk eksekutif penggemar golf), kartu kredit titanium (untuk eksekutif yang gemar melakukan perjalanan), bahkan kartu kredit fengshui (eksekutif penggemar feng shui). Jelas sekali di sini, Value Propositions yang ditawarkan adalah gengsi (status sosial).

Sumber : Buku Business Model Canvas