Segmentasi yang efektif memungkinkan perusahaan mengalokasikan dananya untuk segmen pelanggan yang sesuai dengan Value Propositions yang ditawarkan. Pendefinisian segmen pelanggan yang dituju akan membantu perusahaan untuk menentukan Channels yang efektif untuk menangkap segmen pelanggan ini.
Perusahaan dapat memilah pelanggannya berdasarkan kelompok pelanggan korporat atau pelanggan individu. Segmentasi pelanggan juga dapat dipilih berdasarkan : kelompok profesi, kelompok umur, kelompok penghasilan, kelompok greografis, kelompok umur, kelompok penghasilan, kelompok greografi, atau kelompok-kelompok lain.
Tidak semua kumpulan pelanggan bisa disebut segmen. Suatu kelompok pelanggan disebut sebagai suatu segmen apabila:
- Memerlukan pelayanan (Value Propositions) yang tersendiri, karena permasalahan dan kebutuhan mereka khusus.
- Dicapai dan dilayani dengan saluran distribusi (channels) yang berbeda
- perlu pendekatan (Custamer Relationships) yang berbeda
- Memberikan profitabilitas yang berbeda
- Memunyai kemauan bayar yang berbeda sesuai dengan persepsi terhadap nilai yang mereka terima
Sumber : Buku Business Model Canvas