Contoh Company Profile Matrix



PT X memiliki banyak pesaing. Persaingan meliputi harga, diferensiasi kualitas, dan hubungan dengan pemasok atau supplier.  Walaupun memiliki banyak pesaing PT X berusaha tetap dapat bersaing dengan perusahaan outdoor promosi yang lain, karena PT X sudah membangun Customer Relationship yang baik. Selain itu, titik lokasi yang ditawarkan merupakan lokasi yang cukup strategis dan cocok dengan permintaan  customer, dengan harga yang relatif murah. Berdasarkan Citical succses factor (CSF) yang akan menjadi tolok ukur untuk penilaian persaingan Tabel berikut menunjukkan perbandingan daya saing.

Critical Success Factor
Bobot
        PT X
PT Y
     PT Z
Rating
Score
Rating
Score
Rating
Score
Pangsa Pasar
0.20
3
0.6
4
0.8
2
0.4
Persaingan harga
0.20
1
0.2
3
0.6
1
0.2
Posisi Keuangan
0.10
2
0.2
3
0.3
2
0.2
Kualitas Produk
0.20
4
0.8
2
0.4
2
0.4
Lokasi yang strategis
0.20
4
0.8
2
0.4
1
0.2
Loyalitas Pelanggan
0.10
2
0.2
3
0.3
2
0.2
Total
1.00

2.8

3.1

2.00
 
Berdasarkan tabel diatas, maka PT X mendapatkan skor 2.8, sedangkan PT Y mendapatkan skor 3.1. Artinya PT X memiliki daya saing lebih rendah dari PT Y.  Hal ini berarti PT X harus belajar lagi dari pesaing lain seperti PT Y.
Dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi di dalam industri, namun tingkat pertumbuhan pasar yang relatif tinggi dan biaya tetap yang rendah serta produk yang cukup spesial membuat industri ini masih cukup menarik apalagi di masa mendatang