Ringkasan Bisnis Paket Pernikahan


Ringkasan Eksekutif

Ligar Mandiri
Ligar mandiri didirikan pada Januari 1985 (sekitar 22 tahun) adalah perusahaan yang menyediakan jasa pernikahan, hiburan, sanggar seni tari dan musik.   Hingga sekarang pelanggan Ligar Mandiiri, khususnya Jasa pernikahan telah melayani 5 pelanggan dalam  tiap minggunya.  Sehingga total pelanggan jasa pernikahan 20 pelanggan/bulan.  Sedangkan sanggar seni tari dan musik sudah memiliki 200 murid dan sebagian besar telah memiliki prestasi di bidang seni tari baik di tingkat Bogor maupun tingkat Jawa Barat.

Manajemen
Usaha ini pertama kali dirintis oleh Ibunda saya, Ibu Euis Suhartini dan dibantu oleh Ayah saya yang merupakan seniman di kota Bogor, Udjang Suherman. Euis Suhartini telah berpengalaman dalam usaha penyedia jasa pernikahan serta mengikuti perkembangan penyedia jasa pernikahan baik melalu media cetak, pameran maupun elektronik.  Di samping itu pendidikan merias pengantin yang sering diikutinya turut mendukungnya. 

Perencanaan pemasaran  
Rencana pemasaran wedding package management pada tahun 2009 bertujuan untuk meningkatkan jumlah yang menggunakan jasa wedding package dengan keuntungan melebihi tahun sebelumnya.
         Sasaran pendapatan yang harus dicapai untuk jasa wedding Package Management  berjumlah Rp10.540.800.000 /tahun.
         Sasaran pengguna jasa wedding package management sekitar 10 pelanggan per bulan.

Proyeksi Pasar
Proyeksi angka pertumbuhan bisnis jasa pernikahan ligar mandiri pada tahun sebelumnya 28 %.  Kami akan mengembangkan bisnis kami ini dengan peralatan baru, pemasaran dan tambahan pegawai untuk memenuhi dan mengatasi permintaan tersebut.  Kami berharap dapat meningkatkan basis pelanggan sebesar 50 % berdasarkan track record tahun pertama kami, penawaran kami yang unik, dan aktivitas pemasran yang terencana. 


Deskripsi Ringkas Bisnis

Latar Belakang

Pasangan remaja atau seseorang yang sudah memasuki usia pernikahan tentunya ingin merayakan pernikahan dengan sesuatu yang indah dan berkesan, karena pernikahan merupakan sesuatu yang sakral dan diharapkan hanya satu kali dalam kehidupan pribadi mereka. Perayaan pernikahan tentunya memerlukan kesiapan mulai dari anggaran pernikahan hingga pernyiapan pendukung pernikahan itu sendiri mulai dari prosesi seserahan, perijinan ke KUA, tata rias dan busana, dekorasi tempat, gedung, videografi dan videografi, cathering, kartu undangan, dan berbagai pernak-pernik pernikahan lainnya.
Tentunya penyiapan pendukung pernikahan itu membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran pasangan calon pengantin dan keluarganya tersebut, sedangkan mereka harus mencari memenuhi anggaran pernikahan mereka.
Di era globalisasi yang berimbas dengan pola komunikasi dan informasi yang lebih modern, yaitu penggunaan system e-commerce, maka tuntutan pekerjaan bagi seseorang membutuhkan waktu dengan tingkat aktivitas tinggi terutama masyarakat perkotaan terutama kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya maupun Bandung. Sehingga pola kerja masyarakat kota sangat sibuk dengan urusan pekerjaan mereka, sehingga sulit mencari informasi seputar pernikahan dan penyiapan pernikahan sampai berlangsungnya perayaan pernikahan. Dengan tingkat kesibukan mereka, sangat beresiko jika dipersiapkan sendiri oleh calon pengantin beserta keluarganya terhadap citra perayaan pernikahan di mata para undangan, dikarenakan mereka kurang berpengalaman dalam mengurusi perayaan pernikahan. Dan memungkinkan acara tersebut berjalan tidak sesuai dengan kualitas yang di harapkan oleh pasangan pengantin dan keluarganya tersebut. Kondisi masyarakat perkotaan tersebut seharusnya menjadi peluang bisnis dalam jasa pengelolaan pernikahan.Jasa pengelolaan pernikahan itu meliputi perencanaan tema pernikahan, penyusunan alokasi budget (costing), prosesi seserahan beserta perlengkapannya, design kartu undangan dan dekorasi, tata rias dan busana yang dipergunakan, standarisasi jumlah undangan, Porsi dan menu cathering, penentuan mobil pengantin, penentuan system indoor (gedung, hotel, restoran, maupun kapal pesiar) maupun system outdoor (kebun ataupun taman), design souvenir, pengelolaan system parkir, penyediaan pagar ayu maupun pagar bagus, pemilihan jenis hiburan yang relevan dengan tema pernikahan (seni tari maupun musik), prosesi upacara adat, pembawa acara (MC).
Konsep dari penyedia jasa pernikahan ini yaitu melibatkan beberapa pendukung jasa pernikahan menjadi satu kesatuan. Sebagai contoh yang dilakukan oleh Manten House yang merupakan jasa pengelola pernikahan telah memiliki ratusan jumlah penyedia jasa yang berada di bawah naungannya dan sudah tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Palembang, dsb.Ternyata berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Bridal Management, salah-satu penyedia jasa wedding organizer, bahwa jumlah wedding organizer hanya 30 penyedia jasa, padahal dalam satu hari ada 150 pesta pernikahan. Dengan latar belakang tersebut maka dibentuklah usaha yang bergerak dalam bidang jasa pernikahan dengan nama Ligar Mandiri.


Tentang Ligar Mandiri
Nama perusahaan ini adalah Ligar Mandiri.  Ligar diambil dari bahasa sunda, yang artinya mekar/berkembang. Sedangkan Mandiri memiliki makna yaitu tidak tergantung oleh lingkungan, tetapi mampu menciptakan peluang di setiap lingkungan atau kesempatan. Sedangkan kata management itu dipilih karena dalam mengelola sesuatu diperlukan proses management yang meliputi perencanaan, koordinasi, staffing hingga evaluasi.Sehingga makna ligar mandiri wedding package management adalah mengembangkan paket pernikahan dengan menciptakan peluang di setiap lingkungan atau kesempatan dengan terus-menerus melakukan perencanaan, koordinasi, staffing hingga evaluasi.

Ligar mandiri didirikan pada Januari 1985 (sekitar 22 tahun) adalah perusahaan yang menyediakan jasa pernikahan, hiburan, sanggar seni tari dan musik.   Hingga sekarang pelanggan Ligar Mandiiri, khususnya Jasa pernikahan telah melayani 5 pelanggan dalam  tiap minggunya.  Sehingga total pelanggan jasa pernikahan 20 pelanggan/bulan.  Sedangkan sanggar seni tari dan musik sudah memiliki 200 murid dan sebagian besar telah memiliki prestasi di bidang seni tari baik di tingkat Bogor maupun tingkat Jawa Barat.

Misi
Perusahaan masih tergolong sukses karena mampu melayani berbagai segmen,  dengan harga yang rendah berkisar 1.5 juta – 10 juta. Di samping itu kualitas pelayanan yang tergolong baik terbukti dari jumlah pelanggan dengan 5 pelanggan per minggu. 

Model Bisnis
Beberapa model bisnis yang diterapkan di Ligar Mandiri diantaranya adalah :
J  Perusahaan menawarkan pelayanan yang unik berupa pelanggan selain mendapatkan jasa wedding package, tetapi juga dapat konsultasi gratis seputar perayaan pernikahan.
J  Konsumen dapat menghemat waktu dan uang, karena transaksi dapat dilakukan melalui e-mail, menggunakan kartu kredit, atau secara mencicil. Konsumen akan menghemat dana hingga 15 %, jika mengambil paket.
J  Harga yang diberikan bukan harga mati, tetapi dapat disesuaikan dengan dana yang dimiliki klien.
J  Ligar Mandiri melakukan kerjasama dengan tenant yang semuanya bergerak dalam bisnis pernak-pernik persiapan pernikahan, seperti katering, undangan,gedung, photo, souvenir, busana (adat dan modern), merias pengantin, dekorasi, organ tunggal, gamelan, Acapella dll.
J  Ligar mandiri membagi promosi dan database yang bisa diperoleh bersama oleh para tenant.
J  Ligar mandiri mengarahkan klien dari satu tenant ke tenant berikutnya, kemungkinan masing-masing tenant akan memperoleh 10 klien dalam satu kesempatan.
J  Ligar mandiri juga membantu mencarikan jalan keluar jika tenant menghadapi masalah, misalnya tidak mampu mencapai target (rata-rata 10 transaksi/bulan), melalui rapat kecil yang dilakukan sebulan sekali.
J  Memberikan pelatihan product knowledge pada tenaga marketing para tenant, sehingga dapat menggantikan tenaga  marketing tenant yang lain ketika yang bersangkutan berhalangan


Strategi
         Strategi pertumbuhan perusahaan adalah memperluas unit bisnis yang ada dan memperluas jangkauan pelayanan, dengan system pelayanan yang sangat cepat.
         Penentuan posisi yaitu dengan penerimaan konsultasi wedding gratis baik menggunakan media teknologi maupun secara langsung.
         Lini produk yaitu dengan Menambah peralatan dan perlengkapan wedding package.
         Kenaikan pada penambahan jasa management.
         Gedung dan Dekorasi yang disesuaikan dengan tema yang di harapkan.
         Melakukan promosi dengan cara mengembangkan iklan baru yang mendukung (Membuat  web site dan brosur yang modern).
         Melakukan penelitian dan pengembangan dengan cara meningkatkan pengeluaran sebesar 150 % untuk menciptakan style yang lebih baik.
         Melakukan riset pemasaran yaitu denganmMeningkatkan biaya riset sebesar 150 % untuk meningkatkan pemahaman dan simpati mengenai pemilihan konsumen dan memantau tindakan pesaing.